Tugas Pokok dan Fungsi

Berdasarkan Peraturan Daerah Provinsi Papua Barat Nomor : 4 Tahun 2009 tentang Organisasi Dan Tata Kerja Dinas Pendapatan Daerah Provinsi Papua Barat dan Peraturan Gubernur Provinsi Papua Barat Nomor : 20 Tahun 2009 tentang Rincian Tugas dan Tata Kerja Dinas Pendapatan Daerah   Provinsi Papua Barat, maka Tugas Dinas Pendapatan Daerah Provinsi Papua Barat adalah: Menyelenggarakan urusan pemerintahan daerah berdasarkan azas otonomi, desentralisasi, dekonsentralisasi dan tugas pembantuan dibidang pendapatan daerah serta melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Gubernur.

Dan untuk melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud diatas, maka Dinas Pendapatan Daerah Provinsi Papua Barat mempunyai fungsi yaitu :

  1. Perumusan kebijakan tekhnis dibidang Pendapatan Daerah;
  2. Pemberian perijinan dan pelaksanaan pelayanan umum lintas Kabupaten/ Kota di bidang pendapatan daerah;
  3. Pembinaan tekhnis dibidang Pendapatan Daerah;
  4. Pembinaan dan pemberian petunjuk teknis penggalian sumber-sumber pendapatan asli daerah;
  5. Pengelolaan unit pelaksana teknis dinas;
  6. Pembinaan jabatan fungsional;
  7. Pelaksanaan urusan ketatausahaan.

Dinas Pendapatan Daerah Provinsi Papua Barat dalam menjalankan tugas pokok dan fungsinya tentunya tidak terlepas dari penyusunan rencana strategis yang dibuat dalam kurun waktu jangka panjang ( lima tahunan), dan pada Tahun 2012 merupakan Tahun awal dalam penyusunan Rencana Strategis (RENSTRA) periode 2011 – 2016.