Koordinasi dan Rekonsiliasi PBB-KB Triwulan III 2016

Dinas Pendapatan Daerah Papua Barat, Manokwari, menggelar kegiatan rapat koordinasi dan rekonsiliasi PBB-KB triwulan III 2016, menidaklanjuti hasil rapat Koordinasi dan Rekonsiliasi pajak bahan bakar bermotor (PBB-KB) Triwulan II di Batam.

Rapat koordinasi dan rekonsiliasi PBB-KB triwulan III 2016 diadakan pada Aston Niu Hotel, Manokwari. Rapat Koordinasi dan rekonsiliasi PBB-KB triwulan III 2016 di ikuti oleh Provinsi Papua, Papua Barat, Maluku, dan Maluku Utara. Narasumber dari PT.Pertamina region VIII.

Charles H.P. Hutauruk sebagai kepala dinas pendapatan daerah, memberikan arahan rapat terkait dengan amat UU untuk mengklarifikasi antara apa yang dipungut, apa yang diterima dan mencocokkan terkait Pajak Bahan Bakar Kendaraan Bermotor.  

“Karena sistem pungutan dan penyetoran ini global, wajip pungut melaporkan apa yang dipungut berdasarkan penjualan sedangkan pemerintah daerah sebagai yang mempunyai otoriti wajib pajak itu sendiri mendapatkan data berdasarkan pengguna. Kita akhirnya mencocokkan antara penjualan oleh wapu dan penggunaan bahan bakar itu sendiri di daerah-daerah.” Ujar Charles H.P Hutauruk.

PT.Pertamina sebagai narasumber memaparkan data realisasi pajak kendaraan bermotor triwulan III. Produk bahan bakar yang paling sering digunakan pada provinsi Maluku, Maluku utara, Papua, dan Papua Barat adalah premium dan penggunaan produk pertalite ada peningkatan setiap bulan di setiap provinsi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *